Peringkat Indonesia di Mata Dunia



Indonesia, negeri yang penuh akan sumber daya alam melimpah dan banyaknya gugusan pulau-pulau yang bergitu indah. Warisan budaya yang begitu mencolok di mata dunia dengan memiliki ciri khasnya masing-masing. Apakah Anda pernah memikirkan kondisi yang terjadi saat ini? Mulai dari konflik di dunia politik yang bergemu-gemu, berbagai kasus yang tak terselesaikan, sampai gejolak di dunia perekonomian. Kita juga pasti pernah berandai-andai dengan infrastruktur, pendidikan, dunia kesehatan dapat dinikmati oleh setiap masyarakat. Berbicara tentang kondisi Indonesia saat ini. Kira - kira, Indonesia di peringkat berapa ya di mata dunia?

Seperti dilansir dari situs World Economic Forum untuk menghitung daya saing disetiap negara harus menggunakan penilaian melalui "The 12 pillars of compertitiveness"

Sumber http://www3.weforum.org/docs/WEF_GCR_Indonesia_Report_2011.pdf
Data yang saya peroleh dari World Economic Forum, Indonesia sendiri berada pada posisi ke-34 diantara 144 negara pada tahun 2014/2015. Kondisi seperti ini tentunya membawa hal positif. Karena, kinerja Indonesia dalam GCI meningkat secara terus menerus selama enam tahun terakhir. Peringkat ke-44 di antara 139 negara dalam edisi 2010 dari GCI. Indonesia telah meningkatkan nilai keseluruhan setiap tahun sejak 2005. Namun, Forum Ekonomi Dunia hanya membandingkan dengan negara-negara yang disertakan pada tahun 2005, sehingga perubahan dalam peringkat tidak disebabkan oleh negara-negara yang termasuk selanjutnya.

Sumber http://reports.weforum.org/global-competitiveness-report-2014-2015/rankings/

 Dalam data tersebut menunjukan Indonesia telah banyak mengalami perubahan yang signifikan. Ini tentunya menjadi acuan bagi para masyarakat dan tentunya pemerintah itu sendiri harus dapat terus mengembangkan kembali sektor-sektor industri yang masih lemah.

Selanjutnya, data Global Competitiveness Indonesia berdasarkan The 12 Pillars of Competitiveness pada tahun 2011 dan 2014. Indonesia mengalami penurunan yang cukup jauh pada sektor Health and Primary Education dan Labor Market Efficiency. Tentunya, dengan adanya sinyal peringatan terhadap sektor yang mengalami penurunan tersebut. Pemerintah sudah seharusnya membenahi masalah ini secepatnya agar dapat bersaing dengan negara-negara yang lain serta dapat masuk dalam rank top 10 besar di dunia.

Sumber http://www3.weforum.org/docs/WEF_GCR_Indonesia_Report_2011.pdf
 Dengan disajikannya data peringkat Indonesia di mata dunia, saya berharap seluruh masyarakat serta pemerintah dapat menjalin kerjasama yang baik dalam membangun sektor-sektor yang menjadi penilaian dalam Global Competitiveness. Agar tanah air kita tidak dipandang sebelah mata oleh negara-negara lain.


Sumber :
http://www.weforum.org/
http://www3.weforum.org/docs/WEF_GCR_Indonesia_Report_2011.pdf
http://reports.weforum.org/global-competitiveness-report-2014-2015/rankings/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Diferences Between TOEFL, IELTS, and TOEIC

Sistem Penetapan Kurs

Invitations and offers