It Depends On You!

Bonus demografi adalah suatu fenomena dimana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan karena jumlah penduduk usia produktif sangat besar, melampaui usia non produktif yaitu proporsi anak dan lansia. Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dimana jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) mencapai sekitar 70 persen, sedang 30 persen penduduk yang tidak produktif (usia 14 tahun ke bawah dan usia di atas 65 tahun) yang akan terjadi pada tahun 2020-2030
Bonus demografi dapat menjadi anugerah bagi bangsa Indonesia, dengan syarat pemerintah harus menyiapkan generasi muda yang berkualitas tinggi SDM-nya melalui pendidikan, kesehatan, penyediaan lapangan kerja dan investasi. Dengan demikian, pada tahun 2020-2030, Indonesia akan memiliki sekitar 180 juta orang berusia produktif, sedang usia tidak produktif sekitara 60 juta jiwa, atau 10 orang usia produktif hanya menanggung 3-4 orang usia tidak produktif, sehingga akan terjadi peningkatan tabungan masyarakat dan tabungan nasional.
Adanya bonus demografi yang akan dihadapi oleh Indonesia adalah suatu tantangan besar bagi bangsa ini jika bersama kita berhasil memanfaatkan serta melaluinya maka bangsa ini akan mengalami kemajuan yang sangat pesat sementara itu jika belum siap hal ini akan menjadikan beban bagi bangsa ini untuk berkembang. Lebih lanjut kita harus belajar dari cina dan juga korea selatan yang berhasil mengoptimalkan bonus demografi yang pernah mereka alami.
https://www.youtube.com/watch?v=KxdXxI5q7Xk&t=83s
ini salah satu video yang menurut saya memberikan penjelasan yang singkat namun cukup untuk memberikan kita gambaran umum mengenai bonus demografi.

Disk-On! : Aktualisasi Pemuda Menghadapi Bonus Demografi Indonesia 2045
Oleh : M. Ma’ruf El Munir
Dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017 held by Indonesia Youth Dream Jabodetabek

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Diferences Between TOEFL, IELTS, and TOEIC

Sistem Penetapan Kurs

Invitations and offers