Produk Domestik Regional Bruto







Apa itu PDRB ?

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan.

PDRB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan seluruuh unit usaha dalam suatu daerah tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang menghasilkan oleh seluruh unit ekonomi pada suatu daerah.

PDRB juga dapat digunakan untuk mengetahui perubahan harga dengan menghitung deflator PDRB ( perubahan indeks implisit). Indeks harga implisit merupakan rasio antara PDRB menurut harga berlaku dan PDRB menurut harga implisit merupakan rasio antara PDRB menurut harga berlaku dan PDRB menurut harga konstan.

Perhitungan Produk Domestik Regional Bruto secara konseptual menggunakan tiga macam pendekatan, yaitu : pendekatan produksi, pendekatan pendapatan dan pendekatan pengeluaran


1. Pendekatan Produksi
Pendekatan produksi dapat disebut juga pendekatan nilai tambah dimana nilai tambah bruto (NTB) dengan cara mengurangkatn nilai out put yang dihasilkan oleh seluruh kegiatan ekonomi dengan biaya antara dari masing nilai produksi bruto tiap sektor ekonomi.

2. Pendekatan Pendapatan
Pendekatan pengeluaran dimana nilai tambah dari kegiatan - kegiatan ekonomi dihitung dengan cara menjumlahkan semua balas jasa faktor produksi yaitu upah dan gaji, suplus usaha, penyusutan dan pajak tak langsung neto.

3. Pendekatan Pengeluaran
Pendekatan ini digunakan untuk menghitung nilai barang dan jasa yang digunakan oleh berbagai golongan dalam massyarakat untuk keperluan konsumsi rumah tangga, pemerintah dan yayasan sosial ; Pembentukan modal dan ekspor.


Setelah kita mengetahui apa itu PDRB dan bagaimana perhitungan secara konseptual dengan menggunakan tiga macam pendekatan, sekarang saya akan menampilkan data total pendapatan domestik regional bruto (Total PDRB) untuk setiap provinsi di Indonesia (2004 - 2008).


 Sumber :
 http://www.bps.go.id/
http://www.bi.go.id/id/statistik/metadata/sekda/Documents/8PDRBSEKDA1.pdf





Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Diferences Between TOEFL, IELTS, and TOEIC

Sistem Penetapan Kurs

Invitations and offers